Kesejatian Diri Adalah Amitabha, Hanya Hati Adalah Tanah Suci

诸佛说法,事理双备,不可执事迷理,尤不许执理废事。自性弥陀,唯心净土,是从理上立言。道理虽是这样,但这不是凡夫的境界。Para Buddha sabdakan Dharma, hakikatnya dan bentuknya (hakikat dan masalahnya) adalah sepasang yang serasi; Tidak boleh melekat kepada masalah tetapi takhayul hakikatnya, juga tidak boleh melekat kepada hakikatnya tetapi menyepelekan masalahnya; “Kesejatian diri adalah Amitabha, Hanya hati adalah Tanah Suci”, adalah asalnya “hakikat” yang diucapkan, kebenarannya memang demikian, tetapi ini bukanlah kondisi untuk orang awam.

首先得明了何谓“自性”,何谓“唯心”。自性是清净妙明本性,又叫自性天真佛。心这个概念,在佛经中有时指“妙明真心”,有时指“攀缘心”,有时指八识的“妄心”。
Pertama-tama, haruslah memahami apa yang disebut “Kesejatian Diri” ? , apa yang disebut “ Hanya Hati”? Kesejatian diri adalah kesejatian yang murni, gaib dan terang yang menjadi hakikat diri sejati; juga disebut Kesejatian kebenaran natural hakikat Buddha; Sedanglan hati di dalam Sutra Buddha ada kalanya disebut kebenaran hati yang gaib dan terang, ada kalanya disebut hati terjerat kondisi di luar, ada kalanya menunjukkan kesadaran ke delapan alaya vijnana yang disebut hati khayal.

说“自性阿弥陀佛”,是对我们介尔一念的体性而言,性具无量光寿,寂照不二,即阿弥陀佛;“唯心净土” 是对妙明真心而言,此心广大无边际,究竟如虚空,量周沙界,西方极乐世界亦不越一念心之外。所以阿弥陀佛极乐世界与我们心性同体相关,心、佛、众生等无差别,斯言确哉!但这些都是从理上建言。
Disabdakan Kesejatian adalah Amitabha adalah ucapan memperkenalkan kepada kita bahwa terhadap satu pikiran hakikat kesejatian, kesejatian itu mempunyai cahaya dan usia yang tidak terbatas; Sunyi memancar tidak mendua, adalah Amitabha Buddha; Hanya hati adalah tanah suci, adalah diucapkan terhadap Hati benar yang gaib dan terang; Hati demikian sangat luas tidak ada batasannya, intinya bagaikan langit luas meliputi semesta alam, Surga barat Sukhavati juga tidak keluar dari satu pikiran dan hati diluar. Karena itu Amitabha Buddha berserta surga Sukhavati, hati dan kesejatian kita adalah hakikat yang sama saling berkaitan. Karena hati, Buddha dan para makhluk ketiganya tidak lah berbeda, ucapan ini adalah kenyataan, tetapi ucapan ini semuanya diungkapkan dari hakikatnya.

从事相上来说,距娑婆世界十万亿佛土之遥远的西方确有极乐世界。净土在妙明真心内,却在凡夫八识妄心外。我等凡夫眼下全体是心意识用事,烦惑重重,所以不可执理废事。应从事修入手,持戒念佛、读诵经典、广修福德、求生净土,到了极乐世界,方可现量亲证自性弥陀唯心净土。
Jika di tinjau dari masalahnya yang diucapkan, jarak dunia Saha melewati ratusan ribu milyar negeri Buddha yang begitu jauh ada surga barat Sukhavati, Nyatanya Tanah Suci berada di dalam hati benar yang gaib dan terang, tapi juga berada di luar kesadaran alaya vijnana; Kita semua masih awam gunakan mata penglihatan dan semua indera adalah hati, pikiran dan kesadaran yang digunakan; sehingga kerisauannya sangatlah berat; karena itu tidak boleh melekat kepada hakikat tapi menyepelekan masalahnya. Seharusnya membina dan menangani dari masalahnya, melaksanakan sila dan Buddhasmrth (Nienfo), membaca dan panjatkan sutra-sutra, mengembangkan dan membina kebajikan dan pahala, memohon untuk dilahirkan di Tanah Suci; Bila sudah tiba di surga Sukhavati baru bisa cerah dan bandingkan “Kesejatian diri adalah Amitabha, Hanya Hati adalah Tanah Suci”.

所以,唯心净土,实有十万亿佛刹之遥远的极乐世界可到;自性弥陀,彼土实有一尊阿弥陀佛可以亲炙。如是认知,不执边见,理事圆融,这才是大乘中道了义,才是净业行人的正见.
Karena itu, Hanya hati adalah Tanah Suci, nyatanya ada ratusan ribu milyar alam Buddhayang jauh terdapat Surga Sukhavati yang bisa dicapai; Kesejatian diri adalah Amitabha, di surga tersebut adalah sosok mulia Amitabha Buddha yang bisa kita saksikan; Demikianlah pengenalan dan pengetahuan, tidak melekat pada pandang sepihak, melainkan hakikat dan masalah itu harus harmonis; Ini baru makna ajaran Mahayana Jalan Tengah, ini baru pandangan benar membina diri menjadi praktisi murni.

Amituofo.