Agama Buddha

Agama Buddha adalah agama universal menjadi mercu suar untuk menerangi kegelapan, menuntun semua makhluk untuk memahami kebenaran, kenyataan dan kesejatian.

Agama Buddha boleh dikatakan agama yang hampir sempurna, karena Nabinya Hyang Buddha adalah Guru Agung sembilan Dharmadhatu, Bapak welas asih untuk empat jenis kelahiran.

Dharmanya begitu benar dan bijak mengungkap  misteri rahasia alam semesta! Sangha nya begitu beragam. ada yang benar ada yang belum benar, ada yang sudah tamat belajar ada pula yang masih tahap belajar. Bagi yg sudah cerah menyadarinya Hakikat dan Kesejatian Buddhadharma adalah tidak timbul pun tidak lenyap.  bagi yang belum cerah terlihat Buddha Dharma alami timbul lenyap.

Kenapa agama Buddha yg hampir sempurna menjadi sulit berkembang dan tidak bisa bertahan lama?. Banyak orang yg sudah merasakan manfaat besar Buddhadharma, mereka mendapatkan bimbingan dan pelindungan dari Hyang Triratna, tapi tidak mau membalas budi Triratna. Banyak Umat-umat setelah mendapatkan penerangan dan bimbingan hanya pasif, cuek, masa bodoh melihat kemerosotan agama Buddha. Umat-umat bodoh dan egois hanya mau mendapatkan rasa aman, tentraman dan sukses saja, mereka tidak berjuang untuk mencari keselamatan hakiki!

Umat-umat  hanya mengharapkan perlindungan saja tapi tidak mau jadi “Pelindung agama Buddha”. mereka hanya mau dapat penerangan tapi tidak mau jadi penerang untuk dunia yang masih gelap. Kecenderungan mereka hanya mau berbuat baik untuk diri sendiri saja tapi tidak mau berbuat baik untuk semua makhluk. Melihat kondisi demikian yang memprihatinkan yang menjadi sumber kemerosotan dan lambat nya perkembangan dan tidak lestari nya agama Buddha! Hidup atau mati nya agama Buddha ada di tangan siswa dan umat Buddha! Bila mereka tidak peduli, pasif dan ber diam diri maka agama Buddha tidak akan bertahan untuk 10,000 tahun.

Bumi ini bisa jadi surga atau neraka tergantung  hati dan perilaku umat manusia! Manusia dan semua makhluk bila tidak di bimbing oleh ajaran Buddhadharma mereka pasti bodoh, liar dan sesat! untuk itu, mari kita peduli dan berkontribusi lah untuk lestari dan kecemerlangan agama Buddha, balaslah budi besar Guru Buddha dengan menyebarkan keharuman Buddhadharma. Semoga kita semua menjadi sadar, peduli dan berbuat sesuatu untuk kemajuan agama Buddha, sadhu3, Amituofo!