佛經中記載供養舍利的功德

Di dalam Buddhis Sutra, disabdakan jasa pahala berdana kepada Relik

(oleh YM Bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira, 净仁法师 )

佛教徒對於佛陀的舍利,普遍存有難遭難遇之想。因此若能值遇,無不興起虔誠禮敬供養之心;且更深信舍利所在,即法身所在。供養舍利,即如同禮拜佛,可植大福田,種下成佛的因緣,成就大菩提。

Umat Buddha pada umumnya berpikir dan berpendapat sungguh amat langka dan teramat sulit dapat berjodoh dan melihat Relik Buddha. Bilamana dapat bertemu, dipastikan hatinya tertarik, sujud, respek dan mau berdana. Disamping itu, semakin dalam keyakinannya terhadap keberadaan relik, seketika meyakini keberadaan Dharmakaya (tubuh absolut). Berdana kepada relik, sama saja menghormati tubuh sejati Buddha, dapat langsung menanam jasa pahala besar, menanam sebab dan jodoh untuk mencapai Kebuddhaan dan meraih Maha Bodhi.
1.《金光明經》說:「舍利是戒定慧功德所薰修,甚難可得,最上福田」。Di dalam Sutra Cing Kuang Ming Cing, disabdakan: Terbentuknya Relik dihasilkan dari pahala yang tekun mempraktikkan Sila, Samadhi dan Prajna, sangat sulit diperoleh, adalah ladang paling unggul dan subur untuk menanam jasa pahala.
2.《般若經》也說:「佛身及設利羅,皆由如是甚深般若波羅密多功德所薰修故,乃為一切世間天人,供養恭敬,心生讚嘆。」 Di dalam Sutra Po Ye Cing, disabdakan: Tubuh Buddha dihasilkan dari praktik sila, demikian jasa pahala dari hasil praktik tekun mengembangkan Prajna Paramita. Sehingga para dewa dan manusia di dunia berdana, respek, dan hatinya memuji dan memuliakan.
佛經中記載供養舍利的功德列舉如下:
Di dalam Buddhis Sutra, disabdakan jasa pahala berdana kepada relik
3.《福報經》云:「供養皈依舍利者,死後百劫不墮地獄,受天上人中富樂,終得羅漢果。舍利變化無方,或現佛界,神通力自在故。」Di dalam Sutra Fu Pao Cing, disabdakan: siapa yang berdana atau berlindung kepada relik, setelah kematiannya selama ratusan kalpa tidak terjatuh ke neraka, menerima kebahagiaan surga atau menjadi manusia yang kaya raya dan bergembira, akhirnya ia akan mencapai buah kesucian Arahat. Kekuatan relik dapat menjelmakan tidak ada batasnya, atau menampakkan alam Buddha, atau peroleh kekuatan gaib dan keleluasaan.
4.《大智度論》云:「供養舍利人常受天福,不墮三塗,生天得果如無上尊」Di dalam Abhidharma Ta Ce Tu Lun, disabdakan: orang yang berdana kepada relik senantiasa menerima kebahagiaan atau rejeki surgawi. Tidak terjatuh ke tiga alam celaka (alam neraka, setan kelaparan, dan binatang), melainkan terlahir di surga memiliki pahala kebajikan bagaikan kualitas seorang Buddha.
5.《作佛形像經》云:「若有人住慈悲心,叉手禮拜舍利塔者,命終後往生西方佛國。」Di dalam Sutra Cuo Fo Xing Siang Cing, disabdakan: Bilamana ada orang memiliki kemantapan mengembangkan cinta kasih dan belas kasih, beranjali dan bernamaskara (respek) terhadap pagoda relik, maka di akhir kehidupan dapat terlahir di alam Surga Buddha bagian barat ( Surga Sukhavati).
6.《最勝王經》云:「諸眾生於舍利興供養者,生生世世遠離八難處,值遇諸佛,令出離生死。」Di dalam Sutra Cui Shen Wang Cing, disabdakan: semua makhluk bila senantiasa berdana kepada relik, setiap kelahirannya dijauhkan dari delapan kesulitan (delapan kesulitan, yaitu: sulit mendengar dan mempraktikkan Buddhadharma, apabila 1. Terjatuh ke alam setan neraka; 2. Terjatuh ke alam setan kelaparan; 3. Terjatuh ke alam binatang; 4. Terlahir di alam Jambhudvipa bagian utara, rejeki besar tapi tidak mau mempraktikkan Buddhadharma; 5. Terlahir cacat, buta, bisu dan tuli sehingga sulit praktik Buddhadharma; 6. Terlahir di alam fei siang fei fei siang thien (alam tanpa pikiran bukan tanpa pikiran, sehingga sulit membina diri.); 7. Memiliki kecerdasan kebenaran duniawi tapi sulit menerima kebenaran Buddhadharma; 8. Terlahir di antara pada saat Buddha sudah Mahaparinirvana atau belum datang, sehingga tidak bertemu dengan seorang Buddha yang sejati.). Memiliki kesempatan bertemu langsung dengan para Buddha, membimbing mereka untuk keluar dari siklus kelahiran dan kematian.
合上述經典所言,供養舍利的功德如下:
Kesimpulan dari sutra-sutra, jasa pahala untuk berdana relik, dijelaskan singkat di bawah ini:
1.     遠離八難,不墮三途。
2.     世世出生富貴之家。
3.    增福增慧,可證得阿羅漢果。
4.     精進修行,往生淨土有分。
5.     於未來世可當釋天王、梵天王,或轉輪聖王。
6.     值遇諸佛,令出離生死。

1.     Di jauhkan dari delapan kesulitan, dan tidak terjatuh ke tiga alam celaka.
2.     Setiap kelahiran pasti di keluarga makmur dan mulia.
3.     Bertambahnya rejeki dan kearifan, dapat mencapai buah kesucian Arahat.
4.     Penuh semangat dalam membina diri, mempunyai kesempatan terlahir di tanah murni, (Surga Sukhavati).
5.     Kelak dapat terlahir menjadi Dewa Sakkha, Dewa brahma atau Raja Cakravarti.
6.     Memiliki kesempatan bertemu langsung dengan para Buddha, untuk membimbing keluar dari siklus kelahiran dan kematian.

總之,舍利是由甚深般若波羅蜜多功德熏修而成,具足無漏功德,可為人天表率,亦是人天一切眾生禮敬供養之對象;可啟發眾生向上、向善之力量,於人類有感化教育之作用與恩德。

Kesimpulan akhir, terbentuknya relik adalah buah hasil dari melaksanakan Prajna (Kearifan Bodhi) yang dalam, dari membina diri yang tekun dan hasil kumpulan jasa pahala yang dilakukan. Memiliki jasa pahala yang sempurna dan tidak bocor. Menjadi figur teladan bagi manusia dan dewa. Oleh sebab itu, para manusia dan dewa dan semua makhluk wajib menghormati dan berdana. Dapat meningkatkan kualitas spiritual para makhluk. Kekuatan relik yang mengarahkan kepada kebajikan. Manfaat dan budi jasa menghormati dan berdana dapat menggugah dan membimbing umat manusia.