Buku Kumpulan Renungan Dharma Oleh Suhu Pushan

Penulis: Y.M. Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pushan

Buku ini adalah kumpulan “Renungan Dharma” yang berisi motivasi dan inspirasi tentang bagaimana mengisi kehidupan dengan kebajikan – kebajikan agar hidup nan singkat ini membawa berkah kebahagiaan dan keselamatan bagi semua makhluk hidup.


Kata Pengantar

Namo Sakyamuni Buddhaya (3x)

Om Muni Muni Mahamuni Sakyamunaye Svaha.

Dharma yang telah dikabarkan oleh Guru Agung Shakyamuni Buddha begitu luas dan dalam maknanya. Luasnya dan dalamnya Dharma bagaikan samudera.

Namun dijaman kemerosotan Dharma ini, hanya sedikit umat manusia yang bisa berjodoh dengan Dharma, lebih sedikit lagi yang mampu memahami dan mempraktikkan ajaran kesunyataan ini.

Salah satu tugas dan peran utama Sangha sebagai pelestari Dharma adalah dengan membabarkan kembali demi kebahagiaan dan keselamatan semua makhluk.

Melalui rangkuman renungan tulisan Dharma ini, kami berharap agar setiap umat manusia yang berjodoh bisa mendapatkan pencerahan pikiran, ketenangan bathin hingga pada akhirnya memperoleh pandangan, pikiran, ucapan dan perbuatan benar serta sempurnanya kebijaksanaan.

Marilah kita semua belajar dan memperluas pemahaman akan Dharma, hingga kita memiliki kebijaksanaan seluas laksana samudera.

Tadyatha Om Gate Gate Parasamgate Bodhi Svaha. Semoga semua makhluk hidup damai, tenteram dan bahagia. Amituofo.

Y.M. Bhiksu Samantha Kusala Mahasthavira/Suhu Pushan