Pengaruh Pikiran Terhadap Kehidupan

Oleh: YM Bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira

Pikiran manusia sangat mempengaruhi badan jasmaninya. Jika pikiran dibiarkan berfungsi tidak benar, maka pikiran tersebut dapat mengakibatkan jatuh sakit, bencana, atau bahkan dapat membunuh makhluk hidup; Bila pikiran di arahkan dengan baik dan dikendalikan ia juga dapat menyembuhkan atau menyelamatkan tubuh yang sakit, dan sangat besar kegunaan yang dihasilkannya bila pikiran dipusatkan pada hal-hal yang baik dan benar, disertai dengan usaha besar dan penuh pengertian. Pikiran yang bersih dan yang bermanfaat benar-benar dapat menuntun kita pada kehidupan suci yang leluasa dan menyenangkan.

Sang Buddha bersabda : “Tidak ada musuh yang dapat mencelakakan seseorang sampai separah yang disebabkan oleh pikiran-pikiran sendiri yang jahat, kejam, membenci, iri hati dan lain sebagainya.”

Seseorang yang tidak mengetahui bagaimana cara mengatur pikirannya agar sesuai dengan keadaan, akan sama halnya dengan jenazah di peti mati.

Kembalikan pikiran pada diri Anda sendiri, dan cobalah untuk mendapatkan kebenaran, ketenangan dan kesenangan di dalam diri Anda, maka Anda akan selalu dapat menemukan sumber kesenangan yang tak terbatas yang siap untuk Anda nikmati.

Hanya pada saat pikiran terkendali ditujukan pada jalan yang benar dan baik dengan kemajuan yang tertib dan rapi akan menjadi bermanfaat bagi si pemiliknya dan juga bagi masyarakat.

Pikiran yang ngawur tidak tertib apalagi jahat akan menjadi beban bagi pemiliknya maupun orang lain. Sudah pasti akibatnya untuk diri sendiri!

Semua pembinasaan yang terjadi di dunia ini dilakukan oleh orang-orang yang belum belajar cara mengendalikan pikiran, keseimbangan dan bersikap tenang.

Amituofo