Dharmakaya

Oleh: YM Bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira

心本無相,因境生心,
因心現境,心境俱滅,法身現前。
Hakikat hati tidak berwujud, sebab adanya kondisi munculnya hati; Sebab adanya hati menampakkan kondisi, Hati dan kondisi semuanya sudah lenyap, Dharmakaya (Tubuh sejati) seketika menampakkan.

法身晝夜無得失,身在海中休覓水, 日行山嶺莫尋山,頭上安頭轉增迷。
Tubuh sejati Dharmakaya siang malam tiada yang diperoleh pun tiada yang hilang, Tubuh berada di tengah samudra beristirahatlah mencari air; Siang hari mendaki punggung gunung jangan mencari gunung, Di atas kepala diletakkan lagi kepala berubah jadi tambah bodoh.

若以佛身为三十二相, 八万四千之相好者,称为有相佛;若以佛身为理体空寂,无色无形者,称为无相佛;诸佛之法身为无相,报应身为有相。
Bilamana terhadap tubuh Buddha yang memiliki 32 ciri, 84.000 ciri yang baik disebut Buddha yang mempunyai ciri; Bilamana Tubuh Buddha ditinjau dari kebenaran hakikatnya yang sunya dan sunyi tiada rupa tiada wujud disebut Buddha tiada berciri; Dharmakaya para Buddha tiada berciri, Sambhogakaya (Tubuh kebijaksanaan) dan Nirmanakaya (Tubuh penjelmaan) adanya ciri.

華嚴經云:”法身恒寂靜,清淨無二相,為化眾生故,示現種種形,於諸蘊處界,未曾有所著。”
Sutra Avatamsaka disabdakan: Dharmakaya selamanya sunyi tenang, murni tiada dualitas, untuk mengajarkan para makhluk, tampilkan dan menampakkan bermacam macan wujud, terhadap dunia skandha, belum pernah ada kemelekatan.

Salam Maitri Karuna. Amituofo.