Gong Xi Fat Cai

Oleh: YM Bhiksu Tadisa Paramita Mahasthavira

Tahun baru Imlek 2019 sudah diambang pintu, semua warga Tionghua maupun keturunan Tionghua pasti menyambut dan merayakan dengan penuh sukacita, bahkan banyak masyarakat pada umumnya juga ikut menyemarakkan, tentu ada juga yang ikut merayakan bersama; Betapa indah nya kebersamaan dalam keragaman untuk menyambut Tahun Baru Lunar Kalender saat semua bunga wangi bermekaran menyambut awal musim semi.

Populasi Warga Tionghua sudah menyebar ke segenap dunia, dikota kota besar pasti ada China Town yang menyuguhkan tradisi budaya dan masakan lezatnya. Dimana ada masyarakat Tionghua disitu pula ada permainan Barongsai, tarian naga, lampion, petasan dan kembang api. Saat menjelang Tahun Baru Imlek sampai Perayaan Cap Go Meh dirumah rumah warga Tionghua dan China Town di dominasi warna merah dan emas, banyak tulisan kaligrafi Tionghua menghiasi pintu rumah dan tempat bisnis; Semua orang Tionghua berkumpul dan bersuka cita menyambut Tahun Baru Imlek dengan melaksanakan puja bakti di vihara maupun di kelenteng untuk memuliakan Nama para Buddha, Bodhisattva, utamanya menyambut kehadiran Dewa Rejeki; juga sembhayang kepada Dewa Langit dan Dewa Bumi bahkan menghormati para leluhur, berdana aneka makanan khusus imlek sambil berdoa penuh harapan agar di Tahun Babi ini semua keluarga selamat, sehat, panjang umur, rukun harmonis, usaha lancar, enteng jodoh, dan makmur sejahtera.

Ucapan Gong Xi Fa Cai sudah menjadi tradisi salam hormat dan selamat Tahun Baru di kalangan masyarakat Tionghua;

Sesungguhnya apa itu sebutan Gong Xi Fa Cai, artinya Gong Xi adalah Salam hormat penuh suka cita, Fa Cai artinya Berkembangnya rejeki keberuntungan. Artinya keseluruhannya adalah: “Salam respek penuh suka cita, semoga berkembang rejeki keberuntungannya”.

Makna sederhana 恭喜發財 adalah “Selamat Sejahtera” yaitu: Tubuh sehat dan panjang umur itulah Fa Cai; Keluarga selamat dan rukun harmonis itulah Fa Cai; Hidup serba kecukupan tidak kekurangan itulah Fa Cai; Saling simpati dan toleransi dengan kerabat, sahabat dan tetangga adalah Fa Cai; Tiada bencana, musibah, malapetaka dan rintangan itulah Fa Cai; Hati tentram dan bahagia itulah Fa Cai; Usaha lancar dan bisnis baik itulah Fa Cai; Harapan menjadi kenyataan itulah Fa Cai; dan masih banyak lagi ungkapkan dan harapan dari perayaan Tahun Baru Imlek.

Dalam ajaran Buddhis ada ”Tujuh Harta Kesucian 七聖財” yang perlu dikembangkan, yaitu:

  • 信 Keyakinan benar;
  • 戒 Sila pengendalian;
  • 惭 Malu berbuat jahat;
  • 愧 Takut akibat perbuatan jahat;
  • 闻 Banyak mendengarkan Dharma kebenaran;
  • 施 Rajin berdana
  • 慧 Kembangkan kebijaksanaan;

Tujuh jenis kekayaan spiritual ini bila dikembangkan akan peroleh buah kesucian dan pahala kemakmuran berlimpah, ini adalah sumber kemakmuran dan kebahagiaan hakiki.

Mari kita sambut dan merayakan Tahun Baru Imlek, Teriring doa dan harapan: Perayaan Tahun Baru Imlek Membawa Suka Cita dan Keberuntungan Bagi Komunitas Tionghua, Bangsa dan Negara Indonesia; Semoga Semua makhluk berbahagia, svaha.

新年快乐,恭喜發財.
Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai.